Minggu, 24 Maret 2019

PEMBAGIAN KITAB AL QURAN

Kitab Al-Qur'an

Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang berisi tentang ajaran-ajaran Allah SWT. untuk memberi petunjuk dan bimbingan yang benar kepada manusia sepanjang masa yang telah ditulis didalam QS. Surat Fushshilat 41:41-42.

Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya
inna alladziina kafaruu bialdzdzikri lammaa jaa-ahum wa-innahu lakitaabun 'aziizun 

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al Quraan ketika Al Quraan itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Al Quraan itu adalah kitab yang mulia.[QS. Surat Fushshilat 41:41]

Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya
laa ya/tiihi albaathilu min bayni yadayhi walaa min khalfihi tanziilun min hakiimin hamiidin (hamiidin)

Artinya :  Yang tidak datang kepadanya (Al Quraan) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji. [QS. Surat Fushshilat 41:42]

Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. melalui perantara Malaikat Jibril di Gua Hira dan Al-Qur'an diturunkan tidak sekaligus, melainkan secara berangsur-angsur selama kurang lebih 23 tahun atau tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari, yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, 74.437 kalimat, dan 325.345 huruf.

Wahyu pertama kali turun adalah QS. Surat Al-Alaq ayat 1-5, yang diturunkan pada malam 17 Ramadan tahun 610M, di Gua Hira, Ketika Nabi Muhammad SAW. sedang melakukan khalawat. Sedangkan wahyu yang terakhir diturunkan adalah QS. Surat Al-Maidah ayat 3 yang diturunkan pada tanggal 09 Dzulhijjah tahun 10 Hijriyah di Padang Arafah, ketika Nabi Muhammad SAW sedang menunaikan haji wada'(haji Perpisahan).

Mulai saat itu, Nabi Muhammad SAW. diberi tugas oleh Allah SWT. untuk menyampaikan risalah-Nya kepada seluruh umat manusia. Al-Qur'an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. menghapus sebagian syariat yang tertera didalam kitab-kitab terdahulu dan melengkapinya dengan tuntunan yang sesuai dengan perkembangan zaman.


PEMBAGIAN KITAB AL QURANLabels: Pendidikan
 Thanks for reading Macam-Macam Kitab Allah SWT. Beserta Penerimanya. Please share...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar